Penerapan Lean Manajemen pada Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Rumah Sakit Hermina Depok Tahun 2017
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(1) Agustiningsih, ARS, 2011. Desain Perbaikan Proses pelayanan UnitRawat Jalan dengan Konsep lean Hospital di Rumah Sakit Karya Bhaktitahun 2011. Tesis Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat UniversitasIndonesia.
(2) Alamsyah, 2015. Percepatan Pemulangan Pasien Rawat Inap DenganKonsep Lean di Rumah Sakit Masmitra. Tesis, Depok: Fakultas KesehatanMasyarakat Universitas Indonesia.
(3) Aryoko, Andi, 2015. Analisis Proses Rawat Jalan di RS RK Charitaspalembang dengan Prinsip lean Thinking ,Tesis, Depok : Fakultas IlmuKesehtan Masyarakat Universitas Indonesia.
(4) Billi, J,E, 2005. Application of Lean Thinking to Health Care University ofMichigan.
(5) Fitri, Selvi Relita, 2015 :Analisis Alur Pelayana Resep Rawat Jalan diFarmasi Satu RS Pelabuhan Jakarta dengan Konsep Lean Thinking,tahun 2015. Tesis, Depok: Fakultas Ilmu Kesehatan MasyarakatUniversitas Indonesia.
(6) Gazperz, Vincent dan Fontana, Avanti, 2011. Lean Six Sigma formanufacturing and Service Industri Waste Elimination and Continues CostReduction, Bogor : Vichristo Publication.
(7) Graban, Mark. (2012). Lean Hospitals: Improving Quality, Patient Safety,and Employee Engagement, 2nded. New York: CRP Press Taylor &Francis Group
(8) Jimmerson, Cindy, 2010. Value Stream Mapping for Healthcare MadeEasy, New York:Taylor& Francis Group.
(9) Joosten,T, Bongers,I,Janssen,R.(2009). Application of lean thinking toheath care: issues and observations, International Journal for Quality inHealth Care, 21(5), 341-347.
(10) Kadarova, J.,Demecco, M (2016). New approaches in Lean Management.Procedia Economics and Finance, 39, 11-16.www.elsevier.com/locate/procedia.
(11) Lean Enterprise Institute. (2009). Principles of Lean, padahttp://www.lean.org/WhatsLean /Principles.cfm , diakses tanggal 28Januari 2017
(12) Lawal, et al. (2014). Lean management in health care: definition concepts,methodology and effects reprotedn(systemic review protocol). Systemicreviews, 3,103.http://www.syst ematicreviewcjournal.com/content/3/1/103.
(13) Liker Jeffry K, Meier David, 2006, The Toyota Way Fieldbook.The McGraw –Hill Co,mpanies , alih bahasa oleh, Erlangga. Gama, 2007, TheToyota Way Fieldbook, edisi Indonesia, Jakarta.
(14) Mc Manus, H. (2012, March). Application of lean to healthcare Processes: A Complex System Perspective.
(15) Muhammad, Suharty, 2014.Analisis Distribusi Linen Pasien di Unit RawatInap Franciscus Rumah Sakit St Elisabeth Bekasi dengan Konsep LeanThinking, Tesis .Depok : Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat UniversitasIndonesia.
(16) Nave, D. (2002). How to Compare Six Sigma, Lean and The Theory ofConstraints. Quality Progress. March, 73-78.WWW.ASQ.ORG.
(17) Naidoo, et al. (2013). Operational Research to Improve Health Services.www.sun.ac.za/tb.
(18) Permata, Tiara Bunga Mayang, 2013. Analisis Alur proses PengadaanObat Kemoterapi di Rumah Sakit Metropolitan medical Center denganAplikasi prinsip lean Thinking .Tesis, Depok : Fakultas Ilmu KesehatanMasyarakat Universitas Indonesia.
(19) Purada, Nisle, 2014. Analisis Efisiensi Proses Discharge Dan UpayaPeningkatan Efisiensi Dengan pendekatan Lean Six Sigma Pada UnitRawat Inap RS St Elisabeth Bekasi tahun 2014. Tesis, Depok : FakultasIlmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
(20) Sari, Relia, 2015. Analisis Konsep Lean Thinking pelayanan LaboratoriumRumah Sakit Mas Mitra Bekasi, Tesis, Depok: Fakultas KesehatanMasyarakat Universitas Indonesia.
(21) Siswanto, Herry. (2014). Heijunka: Metode Efektif Untuk MereduksiWaktu Tunggu Rawat Jalan pada http://hospitalindonesia.com/ diaksestanggal 18 Juni 2015.
(22) Swartz, J., Davis, D., D., Graban, M. (2015). Lean Hospital(ist)s. HospMed Clin,4, 581-593.http://dx.doi.org/10.1016/j.ehmc.2015.06.008.
(23) Tjahjanto, Adeline, 2015. Methode Lean Thinking Untuk MeningkatkanEfisiensi Pelayanan Rawat Jalan di RS Sumber Waras Ciwaringin tahun2015, Tesis, Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat UniversitasIndonesia.
(24) Wasetya, Dwiyani, 2012. Alur Proses Pelayanan Unit Rawat Jalan DenganMengaplikasikan lean Hospital di RS marinir Cilandak tahun 2012. Tesis,Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v3i3.2226
Refbacks
- There are currently no refbacks.