Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pemeriksaan Foto Toraks Pasien Rawat Jalan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2015

Muhammad Yusri

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan data Bagian Radiologi RSUP dr Mohammad Hoesin Palembang tahun 2014, terbanyak foto toraks rawat jalan. Waktu tunggu pelayanan foto toraks tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit kurang dari 3 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan waktu tunggu pemeriksaan foto toraks. Penelitian ini dilakukan dengan pengukuran waktu tunggu dan waktu pelayanan kepada 68 responden, pada loket pendaftaran, kamar foto, kamar pemrosesan film, kamar baca dan loket pengambilan foto. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16. Lama waktu tunggu adalah 184,44 menit. Uji statistik didapatkan waktu tunggu kamar baca foto paling mempengaruhi waktu tunggu foto toraks.

 

ABSTRACT

Department of Radiology Dr. Mohammad Hoesin hospital in Palembang 2014, many patients perform chest x ray examination, whom were patients radiographic outpatient. The waiting time radiographic services in RSMH not in accordance with the Standard Minimum Service Hospital less than 3 hours. This study aims to determine the factors associated with waiting time chest X-ray. This research was conducted by measuring the waiting time to 68 selected respondents The result showed radiographic waiting time 184.44 minutes. Based on statistical test found the waiting time in the reading room is the photo that most affect the length of waiting time radiographic.

Keywords


waiting time; service time; chest x-ray; Radiology Installation

Full Text:

PDF

References


(1) Achmadi, Umar Fachmi, 2014. Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Depok: Penerbit PT. Rajagrafindo Persada.

(2) Adikoesoemo, S, 2007. Manajemen Rumah Sakit. Penebit Pustaka Sinar Harapan Jakarta.

(3) Adisasmito, W, 2007, Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

(4) Aditama, Tjandra Yoga, 2005. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Edisi Keempat. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

(5) Aman, Mashuri, 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Persiapan Operasi Cito Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Karya Medika I Kabupaten Bekasi Tahun 2011. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Depok.

(6) Ariadi, Hilal, 2005. Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dokter Ditinjau dari Karakteristik dan Mutu Pelayanan Dokter di Instalasi Rawat Jalan RSI Sunan Kudus Tahun 2005. Tesis Universitas Diponegoro Semarang.

(7) Arietta, Ratna, 2012. Analisis Waktu Tunggu Pasien di Departemen Gigi dan Mulut RSPAD Gatot Sobroto Ditkesad Tahun 2011. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Depok.

(8) Arikunto, S, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Kesembilan. Penerbit PT. Rineka Cipta Jakarta.

(9) Armstrong Peter, L.Wastie Martin, 2009. Pembuatan Gambar Diagnostik. Penerbit Buku Kedokteran EGC Jakarta.

(10) Azwar, A, Prohartono, J, 2003. Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Penerbit Binarupa Aksara Jakarta.

(11) Budiarto, Eko, 2007. Metodologi Penelitian Kedokteran Sebuah Pengantar, Cetakan Ke-3. Penerbit Buku Kedokteran EGC Jakarta.

(12) Chitami, Puti W., 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, Bandung.

(13) Corne J, Pointon K, 2010. Chest X-Ray Made Easy. London third ed Churchill Livingstone Elsevier.

(14) Dewi, Ariani Puspita, Hari Susanta & Sari Listyorini, 2012. Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Pendekatan PDCA (plan-do-check-act) Berdasarkan Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit pada RSUD dr. Adhyatma Semarang (Studi Kasus pada Instalasi Radiologi). Semarang: Tesis Universitas Diponegoro, diakses tanggal 4 Januari 2014.

(15) Dwi Suharyanta, Qurrota A’yunin, 2012. Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) Fuzzy Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul Tahun 2012. Tesis Prodi Kesehatan Masyarakat, STIKES Surya Global Yogyakarta.

(16) Eiswanda, A, 2013. Perancangan Sistem Informasi Radiologi Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Rubini Mempawah. Skripsi Universitas Tanjungpura.

(17) Eugene Frank, Tammy Curtis, Bruce Long, 2011. Workbook for Merrill's Atlas of Radiographic Positioning and Procedures, 12th.ed. http://www.amazon.com/ Workbook-Merrills-Radiographic-Positioning-Procedures, diakses 9 Maret 2014.

(18) Fryanantha, Made Yudhi A, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Radiologi Terhadap Tingkat Kepuasan Menurut Persepsi Pasien Tahun 2013. Tesis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati, Denpasar.

(19) Haug, P.J, M.D, Farrell, M., Frear, J, Blatter, D. & Frederick, P.R, 2007. Developing a Radiology Data Base for Quality Assurance. Journal of Digital Imaging, vol. 10, pp. 103-108.

(20) Hendrajana, 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Rawat Jalan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

(21) Hiroto Hatabu, 2013. The Future of Thoracic Imaging: Twelve Unsolved Issues In Press, Corrected Proof, European Journal of Radiology |Articles in Press| ScienceDirect.com, diakses tanggal 6 Januari 2014.

(22) Kurniawan F.N.H., Richard S.D., 2012. Kecepatan Waktu Pelayanan Rumah Sakit Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien. Skripsi STIKES RS Baptis Kediri, 2012.

(23) Marcak, J. & Huang, Y, 2012. Radiology Procedure Time Slot Redesign to Improve Scheduling Efficiency. IIE Annual Conference Proceeding, pp. 1-6.

(24) Muninjaya, A.A.Gde, 2006. Manajemen Kesehatan, Edisi Ketiga. Penerbit Buku Kedokteran EGC Jakarta.

(25) Notoatmodjo, Sukidjo, 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT.Rineka Cipta.

(26) Palmer P.E.S., Cockshott W.P., Hegedus V., Samuel E, 2006. Manual of Radiographic Interpretation for General Practitioners (Petunjuk Membaca Foto Untuk Dokter Umum). Penerbit Buku Kedokteran EGC Jakarta.

(27) Richard Carlton, Mc Kenna A, 2012. Principle Imaging sn Art and Science, 5th ed. http://www.amazon.com, diakses 9 Maret 2014.

(28) Rosado de Christenson, 2012. Diagnostic Imaging Chest, Second Edition, Canada: Amirsys.

(29) Septini, R, 2012. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan Di Yanmasum Farmasi RSPAD Gatot Subroto Tahun 2011. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Depok.

(30) Sjahriar, Rasad, 2005. Radiologi Diagnostik, Edisi Ke-2. Balai Penerbit FKUI, Jakarta.

(31) Sonawane, A., Singh, M., Kumar, J.V.K., Kulkarni, A., Shirva, V. & Pradhan, A., 2010. Radiological Safety Status and Quality Assurance Audit of Medical X-ray Diagnostic Installations in India. Journal of Medical Physics, vol. 35, no. 4, pp. 229-234.

(32) Stern, Gurney, 2011. Expert DDX Chest, First Edition. Canada: Amirsys.

(33) Sulastomo, 2007. Manajemen Kesehatan, Cetakan Ketiga. Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

(34) Tjokronegoro, Arjatmo, Sudarsono, Sumedi, 2010. Metodologi Penelitian Bidang Kedokteran, Cetakan Ketujuh. Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta.

(35) Wahyuningsih N, 2008. Analisis Lost Patient di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Pertamina Jaya Tahun 2008. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok.

(36) Wibowo, Adik, 2014. Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. Depok: Penerbit PT. Rajagrafindo Persada.

(37) Widowati, Tri, 2007. Analisis Kepuasan Pasien di Poliklinik Spesialis Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Bhinneka Bakti Husada Tahun 2007. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok.

(38) Wilhelmus HS, 2012. Statistika dan Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Kesehatan, Edisi 1. Jakarta: CV. Trans Info Media.

(39) Hastono, SP, Basic Data Analysis for Health Research Training, FKM UI, Modul training 9-11 Agustus 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v2i1.2189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.